Silakan keluarkan unek2 anda di Tamblang Forum, semoga bisa menjadi wadah yang berguna untuk kemajuan Desa Tamblang tercinta, cukup kirim e-mail ke tamblang_forum@yahoo.com (unek2 anda pasti di tayangkan disini)

terima kasih atas partisipasi anda.

Tamblang Forum

Ayo segera kirimkan unek2 anda...Ditunggu...

Perhatian : Komentar-komentar anda yang menyimpang akan di hapus, jadi berkomentarlah yang baik dan benar...

Sunday, November 30, 2008

Rancangan Penanggulangan Sampah Tamblang

Sebuah desa yang mempunyai tingkat perekonomian yang sangat tinggi dengan adanya pasar yang mendukung perekonomian masyarakatnya akan menimbulkan dampak sosial yang sangat tinggi dan nantinya akan berpenagruh terhadap dampak lingkungan terutama masalah penanggulanggan sampah.

Tamblang yang makin lama perkembangan masyarakatnya seperti perkembangan masyarakat perkotaan yang lahan untuk pengolahan sampah makin sedikit serta pemanfaatan sampah untuk kegunaan yang lain seperti untuk pupuk dan pemanfaatan limbah daur ulang yang belum maksimum mengalami hal yang sama.

Rancangan awal dari penangulanggannya adalah dengan menyediakan penampungan sampah sementara atau yang dikenal dengan TPS (Tempat Pembuangan Sampah Sementara) yang awal tahun ini akan ditempatkan di sebelah pura dalem desa Tamblang dengan menempatkan ! kontainer sampah dengan kapasitas 6 m3, dengan bekerjasama dengan DKP (dinas Kebersihan dan pertamanan) Kabupaten Buleleng dimana kita menyiapkan lahan untuk kontainer dan DKP bertugas mengangkutnya ke TPA (Termpat pembuangan Akhir) di Bengkala dengan biaya kompensasi Rp. 51.000,- (Lima Puluh Satu Ribu) per sekali angkut. Dalam setahun kita berharap untuk bisa mengarahkan masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya dan ada kemungkinan untuk mengarahkan masyarakat untuk memilah antara sampah organik dan an organik yang tentunya akan menambah penghasilan desa.

Terimakasih untuk Bapak Gede Rastu dan sekaligus mohon maaf dengan permasalahan yang dialami pada saat Piodalan di Pura Desa dengan melubernya air got sampah ikut pula di jalan.
Sekali lagi terimakasih.

MARI BERSAMA MEMBANGUN TAMBLANG.
Suksma...

Oleh : Kepala Desa Tamblang Ir. I Nengah Sudarsana




3 comments:

  1. Terima kasih saya ucapkan kepada Bapak Kepala Desa Tamblang Ir. I Nengah Sudarsana, atas kiriman unek2nya, Jangan lupa berkunjung ke TCC(www.desatamblang.blogspot.com)
    sukses selalu buat anda....

    Tamblang Forum
    www.tamblang-forum.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Mudah2an dengan adanga TPS dengan menempatkan Kontainer sampah didelod Pure Dalemnya dapat dipergunakan dengan Maksimal oleh Masyarakat Tamblang utk membuang sampahnya ditempat sampah yg sudah disediakan ini sehingga Desa kita menjadi Desa yg Bersih dan ASri...........selamat buat Pak.Mekel beserta stafnya

    ReplyDelete
  3. Saya berharap mudah2an dengan adanya TPS ini Grembenge yang ada diDepan Rumah saya menjadi bersih dan sedap diPandang Mata.........Tks 4 all terutama untuk P.Mekel saya ucapkan terimakasih atas usahanya untuk menjadikan Desa Tamblang yang bersih dari kotoran Sampah...karena masih ada kotoran yang lain yang perlu dibersihkan juga.....apa ya?...teman2 Tolong dong......kotoran apa lagi Ya?

    ReplyDelete

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner